Senin, 21 Mei 2012

Status FB Lo Lebay Banget, Deh!

Di tulisan kali ini, saya ingin menyinggung status Facebook temen-temen saya yang cukup memprihatinkan akhir-akhir ini.
Dalam era informatika. Kesadaran manusia sebagai makluk sosial diwujudkan dalam sebuah jaringan sosial dalam internet. Oleh karena itu, beberapa tahun yang lalu muncullah sebuah situs jejaring sosial bernama friendster. Karena kepopulerannya tersebut, banyak orang akhirnya rela duduk di depan komputer selama berjam-jam lamanya.
Di dalam situs itu kita dengan mudah dapat menemukan profil dan berinteraksi dengan teman-teman kita. Hanya saja, seiring dengan munculnya kompetitor lain dengan kemampuan yang lebih unik dan baru, membuat friendster akhirnya hancur lebur tak bersisa..
Banyak orang kemudian beralih menggunakan Facebook dan Twitter. Kedua situs itu datang dengan perlengkapan dan dukungan kuat dari pihak ketiga. Sehingga pada akhirnya tibalah saat di mana Friendster akhirnya hanya dikenang sebagai situs yang gagal semata!. Di luar dari kenyataan bahwa dahulu orang meng-elu-elukan dirinya.
Perkenalan saya dengan situs Facebook dimulai pada tahun 2008. Saat itu tidak banyak orang menggunakan situs ini, tidak seperti sekarang..
Kemajuan situs Facebook cukup mengerikan, sekaligus mengganggu. Semakin banyak kalian mempunyai teman, semakin banyak pula permintaan teman dari seseorang yang tidak dikenal. Bukan sombong tidak ingin meng-approve, tapi Facebook adalah sebuah halaman pribadi, di mana saya hanya ingin berbagi terhadap orang yang dikenal. Hal bersifat pribadi tersebut seharusnya tidak diketahui oleh orang asing, bukan?.
Sayang, masyarakat Indonesia belum memahami pentingnya ke-privasian tersebut. Sehingga tak salah jika banyak orang mendapat pengalaman negatif, berhubungan dengan penggunaan Facebook seperti diberitakan belakangan ini.
FACEBOOK
Status atau “Apa yang sedang anda pikirkan?” adalah sebuah layanan Facebookyang digunakan oleh pengguna untuk memberikan informasi tentang apa yang dirasakannya kepada teman-temannya. Untuk berbagi informasi, kita cukup mengetik apa saja dalam box bertuliskan “apa yang sedang anda pikirkan?” (what’s on your mind?). Otomatis berita yang kita ketik dapat dibaca oleh teman-teman kita. Kemudianstatus yang dibaca, dapat pula dikomentari oleh teman-teman kita.
Saya lebih sering membaca status twitter dibanding Facebook. Selain bisa membacanews ticker secara real time, Informasi yang ter-update di sana lebih informatif dibandingkan Facebook. Twitter juga sering saya gunakan untuk menyimpan ide-ide penulisan blog berikutnya (nyampah maksudnya! hehe). Di sisi lain, jika saya update di twitter saya tidak perlu merasa sakit hati kalau ternyata update-an twitter saya tidak ada yang mengomentari..
Saya tidak mempunyai kapasitas untuk mengkritisi situs Facebook. Tapi dari sudut pandang saya, terkadang membuka situs ini adalah suatu kesalahan besar!. Hal ini bisa saya utarakan, karena saya sering membaca status teman bernada ; konfrontasi, keluhan, bahkan makian kepada seseorang secara terus-menerus.
“Sekali, dua kali sih mungkin masih bisa ditolerir, tapi kalau terlalu sering?.”
Apa yang akan kamu rasakan jika membaca status seperti ini setiap hari?.
A : “Gob**k?! Sini kalau mau berantem!.”
B : “Kamu sakitin aku..lebih baik aku cari yang lain.”
C : “Arrrggghh.. Ujan!.”
D : “Akhirnya beli tas Hermes diskonan juga, murah cuma. 15 juta!.”
Membaca status beraura negatif seperti di atas terus-menerus, akan menimbulkan perasaan tidak nyaman, yang apabila terakumulasi, maka akan berimbas terhadap mudahnya ; pusing kepala, badan meriang, hingga diare!.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © Hidupku Inspirasiku Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger